Rizky Basworo’s 2002 Toyota Soluna GLi AL50


Rizky Baskoro Toyota Soluna GLi AL50 2000

2002 Toyota Soluna GLi AL50 1.5l Manual Transmission
Enkei NT03 15″ (7jj) ET.35 | Toyo T1R 195/50

Owner: Rizky Basworo (35)
Owner’s location: Tangerang Selatan, Banten
Owner’s Instagram ID: @rizkybas

Imej Toyota Soluna sebagai kendaraan yang pernah dipergunakan untuk armada taksi dan tenaga pas-pasan rupanya bikin gerah Rizkybas panggilan akrab yang mempunyai nama lengkap Rizky Basworo ini. Karena-nya pria yang punya hobi ikut balap lurus (Drag Races) dan penggila velg berlabel Enkei ini merombak penampilan Toyota Soluna miliknya supaya lebih percaya diri pada saat ikut di ajang lintasan balap lurus.

Rizky Baskoro Toyota Soluna GLi AL50 2000

Dibangun karena terinspirasi kesuksesan Toyota Soluna terdahulu yang pernah dimilikinya pada tahun 2008 lalu dimulai lah perombakan kecil-kecilan pada Toyota Soluna tipe GLi produksi tahun 2002 ini. Jika sebagian besar orang lain melakukan engine swap/mengganti mesin dengan tenaga yang lebih besar pada kendaraan lawasnya namun berbeda dengan yang dilakukan Rizkybas yang tetap mempertahankan satu set jeroan lawas berkode 5A-FE bawaan pabrik, Toyota Soluna lansiran tahun 2002 yang terkenal irit dan mudah perawatan langsung di upgrade. Opsi yang dia lakukan antara lain dengan memasang open air filter, pemasangan plenum intake dan throttle body yang berdiameter lebih besar dari ‘saudara tuanya’ Toyota Great Corolla, mengganti sistem exhaust dari mulai header s/d muffler, hingga penggantian gearbox dan transmisi ex Toyota Vios miliknya dulu yang memiliki perbandingan gear ratio lebih rapat, daripada nganggur di gudang rumah lebih baik dipakai lagi, ungkap Rizkybas. Namun pada modifikasi kali ini bagian silinder belum terkena jamah, upgrade ringan hanya difokuskan di seputar kelistrikan dan saluran udara dilakoni punggawa Toyota Soluna Vios Club (TSVC) ini. Hasilnya dari tes Dynamometer Sigma Speed di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, tenaga “taksi” Rizkybas meningkat dari 95 HP pada 6000 rpm, menjadi 127 HP. Urusan kelistrikan yang menjadi pusat perhatian Rizkybas. Koil internal yang menjadi bawaan pabrik diubah menjadi Eksternal guna mendapatkan percikan api yang lebih besar (9000 volts), busi diganti dengan jenis yang lebih baik dari Iridium, Piggyback Dastek Unichip Type A dengan Launch Control dan dengan modul limiter dipercaya mampu mengatur putaran dan tenaga mesin dengan asupan tiap bahan bakar, “idenya bisa lebih bertenaga, tetap irit dan nyaman untuk dipakai jalan-jalan bersama keluarga”, demikian komentar pria 35 tahun ini.

Rizky Baskoro Toyota Soluna GLi AL50 2000

Bagian kaki-kaki juga terkena jamah seperti penggantian Shock Absorber bermerk Kayaba New SR Spesial milik Toyota Glanza yang memiliki tingkat kekerasan lebih baik dari bawaan pabrik disandingkan dengan velg Enkei Spyder NT-03 berdiameter 15 inch asal Jepang yang memiliki bobot ringan dan kuat serta untuk mendapatkan grip yang baik pada saat start dipergunakan Ban Toyo T1R asal Jepang. Dengan ubahan mesin yang minimalis, Toyota Soluna berkelir Biru Dongker ini sanggup merekorkan waktu terbaiknya 16.928 detik dengan jarak tempuh 0-402 meter pada gelaran D2 Dragrace Sentul seri III – 20 Oktober 2013 lalu, sayangnya permasalahan selang idle-up bocor terjadi saat dipacu sehingga kinerja mesin tidak maksimal.

Rizky Baskoro Toyota Soluna GLi AL50 2000

Rizky Baskoro Toyota Soluna GLi AL50 2000

Rizky Baskoro Toyota Soluna GLi AL50 2000

Mesin : 5A-FE Stock Engine, Header 4-1 custom, Coil change to External Blue Fire, Busi NGK Racing, Fuel Pressure Regulator SARD, Open Air Filter Simota, Plenum Intake & Throttle Body Corolla, Piggyback Dastek Unichip type A, Muffler Daytona. Transmisi : Gearbox Toyota Vios Clutch Corolla Altis. Suspensi : Front Shock Absorber OEM Toyota Glanza Rear Shock Absorber Kayaba New SR Spesial Toyota Glanza Front Strutbrace OEM Toyota Glanza Rear Strutbrace Tanabe Sustec Toyota Glanza Kaki-kaki : Velg ENKEI Spyder NT-03 Japan diameter 15×7 inch, Ban TOYO T1R (Race) Velg ENKEI SPORT Japan RCG-II Japan diameter 14×6 inch, Ban FORCEUM D900 (Daily used) Interior : Sepasang Jok Bride Ergo Stir Sparco Monza Seatbelt Takata.

Artikel dan photo dikirim oleh: Rizky Basworo
————————————

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s